Sabtu, 08 Desember 2012

Sumber Belajar AUD



PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR AUD
Oleh Trisna Atika
Dipresentasikan dalam matakuliah Sumber Belajar
1.      Pengertian sumber belajar
Sumber belajar adalah sumber pengetahuan yang memiliki beberapa macam pengertian, yaitu sumber belajar di tinjau dalam pengertian yang
sempit sampai pada pengertian yang luas.
Sumber belajar dalam cakupan yang sempit maka sumber belajar hanya tercakup pada buku-buku atau bahan-bahan tercetak lainnya seperti majalah, buletin dan sebagainya. Dan dapat diartikan sebagai semua sarana pengajaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat di dengar (secara auditif) maupun yang dapat di lihat (secara visual) saja. Misalnya radio, televisi dan perangkat keras (hardware).
Pengertian sumber belajar menurut para ahli :
Adapun sumber belajar secara lebih luas dapat dilihat dari beberapa pendapat para ahli berikut ini:

a.      Torkleson (1965) mengatakan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang di gunakan untuk kepentingan pelajaran yaitu segala yang ada di sekolah pada masa lalu, sekarang dan yang akan datang. Definisi ini mementingkan kata kepentingan pelajaran yang menunjukkan bahwa sumber belajar dan pemanfaatannya adalah memberdayakan berbagai sumber, tidak hanya terbatas pada buku atau alat-alat yang dapat di dengar dan dapat di lihat saja, namun sesuatu yang dapat di manfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar.
b.      Nana Sudjana (1997) berpendapat bahwa sumber belajar segala daya yang dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya. Atau dalam proses pembelajaran baik secara langsung atau tidak langsung, sebagian atau secara keseluruhan.
c.        AECT (Association For Educational Communication And Technology) (1995) mengatakan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang berupa pesan, manusia, material (media software), peralatan (hardware), teknik (metode) dan lingkungan yang di gunakan secara sendiri-sendiri maupun di kombinasikan untuk memfasilitasi terjadinya kegiatan belajar. Yang artinya sumber belajar menurut AECT tidak terbatas pada buku saja akan tetapi lebih luas dan terperinci, yaitu meliputi : pesan, orang, bahan, berbagai peralatan, teknik dan lingkungan adalah sumber belajar lain yang sangat potensial digunakan dalam membantu mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak yaitu segala sesuatu yang berupa pesan, manusia, material, peralatan teknik dan lingkungan.
d.      Aggani Sudoso (1995) arti sumber belajar adalah segala macam yang dapat di gunakan untuk memberikan informasi maupun berbagai keterampilan kepada murid maupun guru. Maksudnya memberikan masukan dan informasi maupun pengertian pada anak sehingga anak berminat dan menimbulkan rasa ingin tahun. Pengertian ini memberikan penguatan terhadap aspek manfaat dari sumber belajar yang tidak hanya terfokus pada anak melainkan juga guru.
e.      Anna Suhaenah (1998). Mengatakan bahwa sumber belajar adalah manusi, bahan, kejadian, peristiwa, setting, teknis yang membangun kondisi yang memberikan kemudahan bagi anak didik untuk belajar memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap.
f.         AECT (1986). Mengatakan bahwa sumber belajar (untuk teknologi pendidikan) meliputi semua sumber (data, orang dan barang) yang dapat dipergunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informal untuk memberi fasilitas belajar.
  1. Menurut Sudjana & Rivai (1989:77), sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya.
  2. Menurut Sri Anitah (2008:5), sumber belajar adalah segala sesuatu yg dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan belajar.
  3. Menurut Pawit M. Yusuf (2010:250), sumber belajar adalah segala jenis media, benda, data, fakta, ide, orang, dan lain lain yang dapat mempermudah  terjadinya proses belajar.
2.      Fungsi sumber belajar
Sumber belajar memiliki fungsi :
  1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
a. mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan
 b. mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
  1. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
  2. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
  3.  Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan: (a) meningkatkan kemampuan sumber belajar; (b) penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
  4. Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu: (a) mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit; (b) memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
  5.  Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.
  6. Memberikan kesempatan untuk mendapat pengetahuan dan memperkaya anak dengan menggunakan berbagai alat,buku,narasumber dan semua hal yang menambah pengetahuan anak.
  7. Meningkatkan perkembangan anak dalam berbahasa yaitu dengan berkomunikasi dengan nara sumber.
  8. Sarana mengembangkan keterampilan memproseskan perolehan,
  9. Mengeratkan hubungan antara siswa dengan lingkungan,
  10. Mengembangkan pengalaman dan pengetahuan siswa,
  11. Membuat proses belajar-mengajar lebih bermakna.
Hakekat Sumber Belajar di TK
Sumber belajar pada hakekatnya bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi yang sesuai dengan karakteristik anak. Untuk itu sangat beragam dan bervareasi baik dalam  hal kemampuan, sikap serta minatnya. Oleh sebab itu sumber belajar bagi anak TK sangat menentukan keberhasilan anak. Dengan sumber belajar anak dapat menjelajahi sumber pengalaman belajarnya, sehingga anak termotivasi dan mendapatkan kemudahan dalam kegiatan belajarnya. Belajr bagi anak TK tidak di rasakan sebagai beban tetapi menjadi bermain yang menyenangkan dan tidak membosankan.
Sumber belajar dapat menjadikan pembelajaran berlangsung secara optimal dan efektif, apabila sang guru kreatif merancang pemanfaatan dari berbagai sumber belajar tersebut.

3.      Karakteristik sumber belajar
Karakteristik sumber belajar yaitu :
·         Bisa di jadikan sebagai bahan untuk di pelajari atau memberikan informasi dan pengetahuan tentang suatu hal
·         Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar.
·         Pada prinsipnya,bahan ajar yang dipandang cocok bagi anak TK adalah yang sederhana,konkret,sesuai dengan dunia kehidupan anak terkait dengan situasi pengalaman langsung,atraktif dan berwarna,mengundang rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan kegiatan bermain anak.

DAFTAR PUSTAKA
Anggaini Sudono. 1995. Alat Permainan Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud
Eliyawati, Cucu. 2008. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hartati,Sri.2009. Media Pembelajaran AUD. Padang : FIP UNP
Tim Penyusun.2004. Belajar dan Pembelajaran. Padang :FIP UNP
Zaman,badru,dkk.2009.media dan sumber belajar di TK.jakarta:Universitas Terbuka
http://elerning.unesa.ac.id/tag/makalah-hakekat-media-dan-sumber-belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar